Peluncuran Perpustakaan Digital di Hotel pertama di Indonesia

Peluncuran Perpustakaan Digital di Hotel pertama di Indonesia

258
0
SHARE

Sebagaimana kita ketahui Indonesia termasuk bagian dari 10 negara yang memiliki literasi rendah. Beberapa hal yang mempengaruhi rendahnya tingkat literasi di Indonesia antara lain kurangnya minat baca masyarakat dan kurangnya akses untuk membaca bagi masyarakat. Menanggapi hal tersebut, The Sunan Hotel Solo berperan dan turut andil dalam peningkatan literasi dengan menjadi hotel pertama di Indonesia dalam meluncurkan “Perpustakaan Digital” berkolaborasi dengan Tiga Serangkai tepat pada hari Buku Nasional yang jatuh pada tanggal 17 Mei 2023.

Untuk memeriahkan launching perpustakaan digital. The Sunan Hotel Solo menggelar mini talk show dengan tema “Solo Pustaka Dunia – Digitalisasi, Inovasi dan Literasi” bertempat di Syailendra Ball Room menghadirkan narasumber handal di bidang literasi, Agus Mulyadi yang familiar dengan nama Agus Magelangan, seorang blogger, penulis, digital storyteller, Akhmad Ramdhon, seorang pengajar sosiologi FISIP UNS. Talkshow ini dimoderatori oleh Niken Satyawati. Agenda Peluncuran Perpustakaan Digital ini dihadiri oleh Ketua PHRI Surakarta, Ir. Abdullah Soewarno, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta, Drs. Aryo Widyandoko, M.H., Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta, Paguyuban Putra Putri Solo serta beberapa Komunitas Pegiat Literasi Solo.

Perpustakaan Digital dapat diakses para tamu  secara cuma-cuma alias gratis, tersedia berbagai buku digital Tiga Serangkai yang terdiri dari ribuan judul buku elektronik melalui aplikasi PerpusKita. Caranya cukup mudah, tamu cukup scan QR/Barcode yang tersedia di area Lobby, Front Office, Lift dan Restaurant dengan menggunakan smartphone, lalu memasukkan kode perpus  “soloyasunan” pilih buku dan baca. Dapat diakses di sekitar area hotel dan bisa dinikmati para tamu selama menginap.

General Manager The Sunan Hotel Solo Retno Wulandari menyampaikan, tidak hanya memberikan kenyamanan dan fasilitas terbaik bagi para tamu, kami juga ingin berkontribusi dalam membantu meningkatkan minat baca dan literasi di Solo. Kami berharap dapat memberikan akses mudah & gratis kepada para tamu untuk membaca buku-buku berkualitas, baik untuk hiburan maupun pembelajaran, ujarnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY