Manfaat Rutin Donor Darah Untuk Kesehatan

Manfaat Rutin Donor Darah Untuk Kesehatan

175
0
SHARE

“Jadilah pahlawan bagi sesama, karena setetes darahmu merupakan anugerah bagi penerimanya”

Darah yang kita donorkan akan memberikan banyak manfaat untuk menyelamatkan orang lain. Tapi siapa menyangka, selain memberi manfaat untuk penerima ternyata donor darah juga memiliki banyak manfaat untuk sang pendonor.

Berikut beberapa manfaat donor darah untuk kesehatan:

  1. Meningkatkan Produksi Sel Darah

Setelah mendonorkan darah, sumsum tulang belakang akan segera memproduksi sel darah merah baru yang telah hilang

  • Mengurangi Tingkat Stress

Menurut penelitian dari Mental Health Foundation, donor darah bisa menjaga kesehatan emosi seseorang sehingga bisa mengurangi tingkat stress

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Medonorkan darah bermanfaat untuk memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri sehingga mampu menurunkan risiko serangan jantung

  • Membakar Kalori

Apa kamu tahu jika banyak kalori yang terbakar saat mendonorkan darah?  Setiap 450 mililiter darah yang didonorkan bisa membakar sampai 650 kalori, lho.

  • Menurunkan Risiko Kanker

Salah satu pemicu utama sel kanker adalah paparan radikal bebas  yang menumpuk dalam peredaran darah. Dengan bergantinya sel darah di dalam tubuh tentu akan meminimalisir risiko kanker

Banyak kan manfaat yang bisa di dapatkan jika rutin mendonor?

Kegiatan rutin donor darah setiap 3 bulan sekali juga dilaksanakan oleh The Sunan Hotel Solo sejak tahun 2005 hingga berhasil menghantarkan The Sunan Hotel Solo mendapatkan penghargaan dari PMI sebagai jumlah pendonor terbanyak di kategori perhotelan pada tahun 2019 lalu.

Pada hari Rabu, 14 Juni 2023 bertepatan dengan Hari Donor Darah Sedunia, The Sunan Hotel Solo bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia Cabang Surakarta menyelenggarakan kembali kegiatan social Donor Darah yang diselenggarakan di Ballroom The Sunan Hotel Solo.

Digelarnya donor darah ini merupakan wujud simpati dan bentuk kepedulian sosial dengan sesama..  Tercatat sekitar 80  peserta yang melibatkan karyawan, tamu hotel, masyarakat sekitar dan tamu yang khusus diundang dalam acara ini seperti dari dari TNI AU, Kopassus, Korem, Kodim, Polres dan jajaran pemerintah kota dalam agenda Donor Darah ini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY