Sambut Hari Kartini The Sunan Beri Penghargaan Kepada Endah Laras

Sambut Hari Kartini The Sunan Beri Penghargaan Kepada Endah Laras

225
0
SHARE

Menyemarakkan bulan kelahiran tokoh perempuan RA Kartini, The Sunan Hotel Solo memberikan penghargaan “Kartini Award 2023” kepada tokoh seniman perempuan kota Solo Endah Laras. Namanya dikenal sebagai pelantun lagu-lagu  keroncong, lagu Jawa dan menjadi pemeran dalam beberapa layar lebar. Penghargaan diberikan pada hari Kamis, 20 April 2023 di kediamannya. 

Endah Sri Murwani, lebih dikenal dengan nama Endah Laras Lahir di Sukoharjo, Solo dari ayah seorang dalang (alm) Ki Sri Joko Raharjo dan ibu yang seorang penari tradisi, Sri Maryati, darah seni mengalir ke pembuluh nadi Endah Laras dan ketiga adiknya, Supanjang Raharjo, Sruti Respati dan Retno Musthi Sari. Gamelan, wayang dan tembang Jawa menjadi mainan mereka sehari-hari. 

Musikalitas Endah semakin matang di sisi Andjar Any. Ia lantas masuk ke dapur rekaman. Album perdana bertajuk “Gemes” 1996 mengukuhkan Endah sebagai penyanyi profesional. Album lainnya Jangkrik Genggong (1997), Kembang Kecubung (1998), Lega (1998), Jenang Gula Kendhang Kempul-Kempul (1998), Jakarta-Surabaya (1998), Andhe-Andhe Lumut (2000), Mung Sliramu (2000), Aja Kandha Sapa-sapa (2003-2007), Gajah Lampung (2008), Keroncong Koe (2010).

Kesetiaan Endah Laras dalam menggeluti keroncong berbuah manis. Ia beberapa kali melantai di acara internasional di beberapa negara Asia, hingga lintas benua, seperti Amerika dan Eropa.

Sejumlah judul layar lebar yang dibintanginya diantaranya Soegija (2012), Finding Srimulat (2013), Miracle: Jatuh dari Surga (2015), Guru Ngaji (2018), Kucumbu Tubuh Indahku (2019). Bahkan pada 2022, tiga film yang dibintangi Endah dirilis, yakni Srimulat: Hil yang Mustahal-Babak Pertama, Yang Patah Tumbuh Yang Hilang Berganti, Nagih Janji Cinta.

General Manager The Sunan Hotel Solo Retno Wulandari menyampaikan, Endah Laras   dipilih karena dianggap sebagai seniman perempuan Solo yang aktif berkesenian dan sangat menginspirasi. Dimana sosok beliau adalah spirit Kartini saat ini yang mampu menerjemahkan semangat Kartini dengan terus mencintai seni. Semangat yang dimiliki kartini – kartini modern kota solo ini diharapkan mampu memberi inspirasi kepada seluruh perempuan untuk berkarya, berkreasi di bidangnya masing -masing. Inovasi, kreatifitas dan mentalitas menjadi kunci yang harus dimiliki untuk bisa berkompetisi. Kami mendorong peran perempuan untuk berkiprah tanpa melupakan kodratnya sebagai perempuan, ujarnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY